Rabu, 26 Agustus 2015

Menulis Itu Tidak Mudah Ternyata

Siapa bilang menulis itu mudah?

Menulis Itu Tidak Mudah Ternyata

Menulis adalah pekerjaan yang paling sulit untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Belajar menulis juga tidak gampang, butuh waktu 1 sampai 2 tahun agar bisa menulis dengan lancar. Ingatkan ketika kita duduk di bangku SD? Belajar menulis itu harus dimulai dari garis putus-putus, barulah kemudian disambung menjadi satu huruf atau angka yang utuh. Dan sebelum kita belajar menulis, kita juga harus sudah mengenal huruf-huruf atau angka-angka. Rumitkan?

Maka dari itu banyak orang yang memilih hanya menikmati tulisan. Sebut saja lebih gemar membaca. Padahal mereka memiliki potensi untuk menuangkan ide-idenya ke dalam sebuah tulisan. Perlu kita ketahui bahwa dengan menulis maka banyak hal yang bisa kita pahami dan bisa kita temukan. Menulis juga merupakan mediasi untuk menenangkan pikiran. Tidak sedikit orang yang berhasil tersenyum setelah mereka menulis. Misalnya, ketika kita menulis sebuah pengakuan atas rasa bersalah. bukankah sedikit melegakan daripada hanya dipendam sendirian dan kita tidak sanggup untuk berbicara? Atau ketika kita punya cara praktis untuk menyelesaikan sesuatu dengan mudah, dan membuat orang lain yang membacanya merasa tertolong oleh tulisan kita. Bukankah suatu yang sangat membahagiakan jika kita bisa membuat orang lain senang?

Belum tahu apa yang bisa kita tulis?

Banyak hal yang bisa menjadi sumber inspirasi dalam menulis, misalnya saja sebuah hadiah kecil yang terbungkus rapi. Kita bisa memulai dengan mendeskripsikan warna dari covernya, icon-icon atau gambarnya, kemudian kita juga bisa mendskripsikan isinya. Tulislah dengan sangat sederhana sehingga orang lain bisa menerawang dan mendapat gambaran dari sekotak hadiah yang kita dapatkan. Dan banyak hal lain lagi yang bisa kita tuangkan ke dalam tulisan.
Menarik minat pembaca tidak butuh keahlian khusus, namun untuk permulaan kita hanya perlu memperbaiki redaksi kata yang akan kita gunakan. Jangan sampai kita menulis tanpa penjiwaan, jadinya orang lain akan merasa jenuh dengan tulisan kita.


Nah, masihkah menulis itu terasa sulit?

0 komentar:

Posting Komentar